Friday, October 21, 2011

16 Oktober 2011: Ketemu Pelajaran Sekolah Lagi!

Hallo semua! :D

Kegiatan tanggal 11 oktober ini masih melanjutkan kegiatan minggu lalu, yakni belajar pelajaran dalam rangka menghadapi ujian di sekolah. Namun ada beberapa kegiatan tambahan untuk anak-anak kelas 1 dan 2.

Sebelum mulai belajar, anak-anak kelas 1 dan 2 melatih beberapa kemampuan dasar sehari-hari terlebih dahulu, yakni mengancingi baju, mengikat tali sepatu, dan mewarnai. Dengan latihan kecil semacam ini, diharapkan anak-anak ini bisa lebih mandiri dan terampil dalam kegiatan mereka sehari-hari.

Melihat anak-anak kelas 1 dan 2 yang mewarnai, anak-anak kelas 3, 4, 5, dan 6 menjadi sedikit iri hati dan protes kenapa mereka tidak ikut mewarnai gambar saja. Untungnya mereka masih bisa diberi pengertian bahwa belajar lebih penting agar mereka dapat menghadapi ujian di hari Senin.

Kegiatan pertama anak-anak kelas 1 dan 2 adalah berlatih mengancingi baju. Ternyata banyak yang sudah bisa. Setelah itu baru mereka mulai mewarnai gambar-gambar yang telah disiapkan. Siapa yang menggambar paling rapih tanpa keluar garis, akan mendapatkan kertas warna sebagai reward. Selesai mewarnai, mereka baru berlatih mengancingi baju, dan yang terakhir adalah tes mata pelajaran.

Sukses ngancingin kemeja! Pakai kemeja Mario jadi kebesaran deh :D

Latihan mengikat tali sepatu juga pake sepatunya Mario, hehe
Ira mengajar matematika anak-anak kelas 4, 5, dan 6

Mengingat pembagian susu yang hanya diberikan kepada anak-anak yang mendapat reward lebih minggu lalu, ternyata membuat beberapa anak melakukan ‘kecurangan’ hari ini. Mereka memberikan sebagian kertas warna yang mereka miliki kepada teman-temannya yang tidak mendapatkan kertas warna. Para pengajar akhirnya harus memberikan pengertian lagi kepada anak-anak Terminal Hujan mengenai kejadian ini.

Bagi anak-anak, terutama anak-anak dengan kondisi perekonomian yang sulit seperti mereka, mungkin awalnya sulit untuk menerima cara-cara seperti itu dalam belajar disiplin. Namun bila dibiasakan, para pengajar Terminal Hujan yakin anak-anak ini pasti akan bisa mengerti :)

Salam Terminal Hujan J

No comments:

Post a Comment