Monday, August 15, 2011

07 Agustus 2011: Pertemuan Pertama di Bulan Ramadhan

Hallo semua! :D

Selamat datang bulan Ramadhan! Puasa-puasa gini, anak-anak Terminal Hujan tetap beraktivitas lho. Kalau hati senang, rasa capek, lapar, dan haus jadi nggak kerasa deh :) Aktivitas kami di pertemuan pertama di bulan puasa ini seperti biasa dimulai dengan membaca doa. Hari ini giliran salah satu dari anak-anak Terminal Hujan, Ella, yang memimpin doa. Hebat!

Hari ini anak-anak Terminal Hujan dibagikan buku panduan Ramadhan oleh kakak-kakak pengajar. Isi buku panduannya adalah pengetahuan-pengetahuan seputar puasa. Seperti apa itu puasa, mengapa harus berpuasa, niat dan doa berpuasa, serta keutamaan-keutamaan puasa. Di buku panduan Ramadhan itu juga ada lembar evaluasi ibadah. Di lembar ini anak-anak menuliskan tiap ibadah yang telah mereka lakukan. Buku panduan Ramadhan ini harus diisi dan dibawa setiap minggunya untuk dievaluasi oleh kakak-kakak pengajar.

Setelah buku panduan Ramadhan dibagikan dan dijelaskan, anak-anak dibagi kedalam 6 kelompok sesuai dengan tingkat kelas di sekolah. Dalam kelompok-kelompok tersebut, kakak-kakak pengajar menjelaskan materi-materi tentang berpuasa.

Setelah pertemuan hari ini, diharapkan anak-anak Terminal Hujan menjadi lebih mengerti makna berpuasa yang mereka jalani di tiap bulan Ramadhan. Puasa itu nggak cuma menahan lapar dan haus, juga tidak boleh dijadikan alasan untuk bermalas-malasan dalam beraktivitas. Setuju? :D

Salam Terminal Hujan J

No comments:

Post a Comment