Monday, August 15, 2011

14 Agustus 2011: Belajar Kisah Para Nabi



Hallo semua! :D

Dalam pertemuan minggu ini, kegiatan pertama setelah berdoa adalah mengevaluasi buku laporan ibadah yang dibagikan minggu lalu. Ibadah-ibadah yang dievaluasi adalah puasa, shalat lima waktu, mengaji, dan shalat tarawih. Masing-masing anak wajib mengisi kolom-kolom pada lembar laporan ibadah tersebut.. dan harus jujur :) Dari laporan tersebut dapat dievaluasi apakah merekai mengerjakan keempat ibadah tersebut atau tidak.

Sela memimpin evaluasi buku panduan Ramadhan anak-anak 


Setelah itu kakak pengajar kembali menjelaskan bahwa ibadah puasa itu tidak hanya menahan lapar dan haus, tetapi juga menahan hawa nafsu. Jadi, selama puasa anak-anak Terminal Hujan harus lebih banyak sabar dan menahan nafsu, seperti amarah dan perkataan yang tidak baik, agar pahala puasanya banyak! Puasa juga bermanfaat bagi kesehatan, karena ketika berpuasa, organ-organ pencernaan kita dapat beristirahat untuk sementara. Kasihan kan, sudah kerja keras selama 11 bulan masa tidak diberi waktu istirahat? Hihi..

Setelah itu anak-anak kembali dibagi kedalam 6 kelompok sesuai urutan kelas di sekolah. Masing-masing kelompok dijelaskan satu kisah Nabi oleh kakak pengajar.

Ada yang dijelaskan tentang Nabi Adam sebagai nenek moyang manusia di bumi ini. Ada pula yang dijelaskan tentang Nabi Yusuf yang menjadi raja yang adil. Ada tentang Nabi Yunus yang dimakan ikan besar, Nabi Ayyub yang memiliki kesabaran yg luar biasa, Nabi Nuh yang selamat dengan menggunakan kapal, serta Nabi Musa yang dapat membelah lautan.

beberapa anak Terminal Hujan yang sedang 'mendramatisasi' kisah Nabi Yusuf :D


Setelah mendapat penjelasan, masing-masing kelompok mempresentasikannya kembali di depan teman-teman yang lain. Belajar presentasi itu penting, karena dapat melatih kepercayaan dir dan semangat anak-anak Terminal Hujan. Masih ada, sih, diantara anak-anak yang presentasinya sambil malu-malu. Tapi nggak apa-apa, namanya juga belajar :) Setelah presentasi, kelas pun ditutup dengan doa. Puasa tinggal dua minggu lagi.. Tetap semangat!

Salam Terminal Hujan J

No comments:

Post a Comment