Wednesday, August 3, 2011

31 Juli 2011: Presentasi, Cuci Tangan, Gosok Gigi

Hallo semua! :D

Dalam kegiatan rutin Terminal Hujan tanggal 31 Juli yang lalu anak-anak Terminal Hujan belajar presentasi di depan kelas, serta belajar cara mencuci tangan dan menggosok gigi yang benar. Seperti biasa, kegiatan hari itu dimulai dengan membaca doa terlebih dahulu. Setelah selesai berdoa, anak-anak dibagi kedalam lima kelompok berdasarkan tingkat kelas di sekolah.

Hari itu anak-anak terminal hujan menyajikan presentasi mengenai binatang yang telah dibagi per kelompoknya. Bahan presentasi semua diambil dari ensiklopedia yang dihibahkan oleh teman kami, Andra :) Kelompok anak TK dan kelas 1 disatukan, mempresentasikan tentang gajah dan fungsi-fungsi yang dimiliki oleh belalainya. Kelompok kelas 2 mempresentasikan tentang cara kadal berlindung dari musuh dan kebiasaan kura-kura naik ke daratan. Kelompok kelas 3 mempresentasikan tentang kupu-kupu yang suka hinggap pada bunga. Kelompok kelas 4 dan kelas 5 yang disatukan mempresentasikan tentang dinosaurus. Terakhir, kelompok kelas 6 mempresentasikan tentang gorila dan kebiasaan-kebiasaannya.

Pada awalnya, para pengajar masing-masing kelompok menceritakan apa yang akan kelompok mereka presentasikan, dan anak-anak menuliskan poin-poin pentingnya di buku tulis. Setelah itu, tiap kelompok melakukan presentasi secara bergiliran.

kelompok kelas 6 sedang presentasi


Setelah presentasi selesai, anak-anak belajar tentang bagaimana mencuci tangan dan menggosok gigi yang benar. Mencuci tangan yang benar itu harus benar-benar bersih; dimulai dari telapak tangan, punggung tangan, hingga ke sela-sela jari. Begitu juga dengan menggosok gigi, harus benar-benar bersih. Menggosok gigi yang benar adalah searah dengan arah pertumbuhan gigi, dan dengan gerakan memutar. Terakhir, dengan dibimbing oleh para pengajar, anak-anak mempraktekan cara mencuci tangan yang benar.


anak-anak sedang praktek mencuci tangan yang benar

Hari itu diakhiri dengan pembagian sikat dan pasta gigi serta susu botol yang semuanya disumbangkan oleh tante dari rekan pengajar kami, Qorry. Terima kasih ya tantenya Qorry!

Belajar presentasi di depan kelas bertujuan untuk mengasah keterampilan anak-anak Terminal Hujan dalam berbicara di depan publik, dan juga melatih kepercayaan diri mereka. Jangan takut salah, namanya juga belajar :)

Salam terminal hujan J

No comments:

Post a Comment