Thursday, July 4, 2013

Apa Saja Kegiatan Kami? (Oleh Qurroh Ayuniyyah)


Komunitas Terminal Hujan yang didirikan pada bulan Juni tahun 2011 memiliki konsentrasi utama pada bidang pendidikan anak-anak. Saat ini, lingkup perhatian dari komunitas ini adalah anak-anak di sekitar Terminal Baranang Siang Bogor.  Meskipun demikian, tidak menutup kemungkinan bahwa ke depannya Terminal Hujan akan melebarkan jaringan ke daerah lain.
Kegiatan yang dilakukan oleh Terminal Hujan terbagi atas dua kegiatan besar, yaitu kegiatan rutin dan kegiatan insidentil. Kegiatan rutin adalah kegiatan mingguan yang menjadi aktivitas utama dari komunitas ini. Kegiatan ini berupa kegiatan mengajar anak-anak, mulai dari membaca, menulis, berhitung, bahasa Inggris, pengetahuan umum, dan sebagainya. Kegiatan ini dilakukan setiap hari Minggu pukul 10.00 hingga 13.00. Pada setiap pertemuan, anak-anak dibagi ke dalam beberapa kelompok sesuai dengan tingkat usia, biasanya menjadi delapan kelompok yaitu mulai dari level preschool, kelas satu SD hingga SMP. Masing-masing kelompok didampingi oleh dua hingga tiga orang pengajar yang telah diberikan briefing materi oleh tim kurikulum dari komunitas ini.
Berbagai cerita telah diukir dari aktivitas mingguan ini. Secara umum, prestasi adik-adik di sekolah meningkat secara cukup signifikan. Hal ini terlihat dari semakin banyaknya adik-adik yang mendapatkan peringkat sepuluh besar di sekolah mereka. Untuk memberikan penghargaan kepada adik-adik yang mengukir prestasi sekaligus memotivasi yang lainnya, Terminal Hujan memberikan hadiah bingkisan berupa alat-alat sekolah setiap semesternya, beasiswa, dan juga membayarkan uang buku dan uang untuk aktivitas lain di sekolah seperti uang perpisahan ataupun uang ekstrakulikuler. Pembayaran uang tersebut dilakukan langsung oleh para pengajar kepada sekolah yang bersangkutan. Selain bertujuan untuk menghindari penyalahgunaan uang, hal ini juga dimaksudkan agar pengajar Terminal Hujan menjalin komunikasi yang baik dengan para guru di sekolah sehingga kontrol perkembangan anak melalui kacamata para guru lebih mudah dilakukan. Tidak hanya penghargaan kepada adik-adik yang berprestasi, para orang tua dari anak-anak tersebut pun diberikan penghargaan berupa sembako. Hal ini untuk memotivasi para orang untuk terus mendukung dan menyemangati anak-anak mereka untuk dapat terus mengukir prestasi.
Selain kegiatan mengajar, kegiatan rutin dari Terminal Hujan meliputi pelatihan kerajinan tangan kepada sebagian anak setiap hari Sabtu siang. Pelatihan ini bekerja sama dengan pihak Dewan Kerajinan Nasional (Dekranas) Kota Bogor. Dekranas Kota Bogor merupakan lembaga pemerintah daerah yang menjadi forum komunikasi para pengrajin kota ini. Tujuan diadakannya pelatihan ini adalah agar-agar adik-adik Terminal Hujan memiliki keahlian lain yang kelak dapat menjadi salah satu pilihan cita-cita mereka. Pihak Dekranas ini secara gratis memberikan pelatihan tersebut kepada adik-adik Terminal Hujan. Setiap minggunya salah satu kakak pengajar mendampingi adik-adik untuk mengikuti pelatihan di  Pusat Kerajinan Dekranas Kota Bogor, bertempat di Jalan Bina Marga No 1B.
Jenis kegiatan kedua adalah kegiatan insidentil, yang merupakan kegiatan yang dilakukan pada waktu tertentu. Kegiatan ini memiliki beberapa jenis bentuk, yang tidak hanya melibatkan lingkup internal Terminal Hujan, namun juga pihak lain. Salah satu kegiatan insidentil yang pernah Terminal Hujan lakukan adalah pembangunan taman baca di SDN Tajur 7, Citeureup, Bogor. Sekolah tersebut memang amat layak dibantu. Dalam merealisasikan bantuan tersebut, Terminal Hujan membuatkan proposal pengajuan dana kepada para donatur dan organisasi lainnya untuk mendirikan taman bacaan. Berkat bantuan dari banyak pihak, akhirnya taman bacaan di SDN Tajur 7 telah berdiri. Selain itu, Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS) pun memberikan bantuan berupa pembangunan mushala yang didirikan tepat di sebelah taman bacaan tersebut.
Kegiatan insidentil lainnya adalah event peringatan Hari Anak Nasional. Bekerja sama dengan pemerintah Kota Bogor, adik-adik Terminal Hujan diikutsertakan dalam rangkaian kegiatan perlombaan, seperti lomba menggambar, ceramah, pembacaan doa, penampilan musik, pembacaan puisi, dan sebagainya yang dilaksanakan di Kebun Raya Bogor.  Peserta lomba tidak hanya adik-adik Terminal Hujan, tapi juga adik-adik yang bersekolah di berbagai daerah di Kota Bogor. Tujuan diadakannya kegiatan ini adalah memberikan kesempatan kepada adik-adik Terminal Hujan untuk menampilkan bakat mereka. Setelah lomba selesai, di penghujung acara diadakan diskusi antara adik-adik peserta lomba untuk menyampaikan aspirasi mereka dengan perwakilan Wali Kota Bogor.
Masih banyak kegiatan insidentil lainnya seperti pelayanan kesehatan gratis untuk para anak dan orang tua Terminal Hujan, nonton bareng, dan beberapa kegiatan lainnya. Semua kegiatan yang dilakukan Terminal Hujan adalah sebagai bentuk kepedulian kami kepada sesama di lingkungan sekitar kami. Meski belum besar, tapi mimpi untuk memotivasi agar lahir Terminal Hujan-Terminal Hujan lainnya di daerah lain tidak pernah padam. Semoga.
Salam Perubahan!

No comments:

Post a Comment