Thursday, July 4, 2013

Perhatikan. Rasakan. Buktikan.


Apa yang menjadi motivasi awal didirikannya komunitas Terminal Hujan dua tahun yang lalu adalah untuk memberikan manfaat nyata bagi lingkungan sekitar. Dalam bentuk apapun itu dan sekecil apapun itu. Kalimat “Sebaik-baiknya manusia diukur dari kontribusinya kepada masyarakat” pun dirasakan relevan menjadi faktor pendorong semangat komunitas Terminal Hujan.
Perhatikan.
Jika melihat lingkungan terdekat kita, maka sudah sepatutnya kita memberikan suatu tindakan nyata yang dapat memberikan perbaikan. Perhatikan apa yang menjadi sumber masalah atas ketidakseimbangan yang terjadi di dalam masyarakat. Perhatikan bagaimana kondisi sesungguhnya di lapangan. Perhatikan. Kemudian pikirkan tindakan solutif atas masalah tersebut.
Rasakan.
Tiada gunanya jika apa yang kita lihat dan perhatikan tidak diimbangi dengan rasa. Rasa sesungguhnya yang akan membuat segalanya lebih berwarna. Apakah itu manis, atau bahkan pahit, kesemuanya akan dapat membuat kita melakukan segalanya dengan hati. Tanpa hati, apalah arti.
Apalagi terkait pendidikan. Tidak mungkin pendidikan itu akan berpengaruh baik kepada anak-anak jika kesemuanya tidak dilakukan dengan hati. Karena apa yang bermula dari hati akan diterima pula oleh hati. Tanpa hati yang merasa, tidak mungkin pendidikan akan mampu diterima, disaring, dan kemudian diinterpretasikan dengan baik oleh peserta didik. Menjadi bermanfaat atau tidaknya sebuah ilmu sangat banyak dipengaruhi oleh rasa yang diberikan pada setiap pengetahuan yang diberikan kepada mereka.
Buktikan.
Tanpa tindakan, segala perasaan dan niatan tidak akan menjadi sesuatu yang berarti. Nothing. Segala pikiran dan rasa akan sempurna jika dibuktikan dengan aksi yang nyata. Kita boleh bermimpi besar, tetapi lakukan apa yang ada di hadapan. Mulai dari hal yang terkecil. Karena seribu langkah lebar selalu diawali oleh satu langkah kecil. Lakukan pula dari sekarang. Karena kita tidak akan pernah dapat merealisasikan mimpi jika tidak bangun dan berusaha untuk mewujudkan mimpi-mimpi kita.
Perhatikan, rasakan, dan buktikan. Itulah yang akan terus Terminal Hujan lakukan. Semoga.
Salam Perubahan!

No comments:

Post a Comment